18/05/09

Jenis-Jenis BlackBerry Menurut Cara Penjualannya

Di pasaran Indonesia Setidaknya ada tiga jenis penjualan BlackBerry Yaitu

  1. Refurbish

    Refurbish adalah BlackBerry (BB) bekas yang dirapihkan kembali dengan mengganti beberapa sparepart agar kelihatan seperti baru, harganya murah namun memiliki faktor resiko paling tinggi dibandingkan jenis penjualan BB lainnya. Umumnya dari tampilan fisik BB refurbish ini sulit dibedakan namun akan ketahuan dengan cara membongkar bodynya.

  2. Black Market

    Istilah ini merujuk pada barang-barang yang melalui jalur tak resmi. Membeli produk BM meskipun itu garansi distributor non-resmi selama 1 tahun harus tetap bersikap waspada. Ini karena produk semacam ini bukan untuk dijual di Indonesia. Sebagai bukti yaitu IMEI-nya tidak terdaftar di Indonesia.

  3. Original

    Yang dimaksud dengan versi ini adalah produk BB yang melalui jalur resmi yaitu dengan proses

    RIM -> Operator Lokal -> Distributor Resmi -> User.

    Ciri-ciri BB Resmi

    1. Pada handset BB terdapat logo operator lokal Negara penjual (Indosat, Telkomsel, XL)
    2. Pada kartu garansi tertera logo operator lokal dan operator tersebut yang menjamin servis dan sparepart BB yang Anda beli
    3. Nomor IMEI dan PIN yang tertera dalam system handset BlackBerry seragam dengan yang tertera di stiker ruang baterai handset BB dan dus. Pastikan Anda membuka BB tersebut di depan Seller dan melakukan uji coba handset sebelum membawanya pulang. Karena jika handset memiliki nomor PIN dan IMEI yang berbeda dari yang ada di dus, maka akan sulit bagi Anda untuk melakukan klaim.
    4. PIN dan IMEI terdaftar untuk penggunaan di Indonesia
    5. Untuk melakukan cek tersebut Anda bisa masuk ke website ini :

      www.numberingplans.com